Semangat Beragama dan pemahaman beragama yang baik

islam_by_khaled_etman-d35n1ra1saya sangat perihatin dengan adanya isu-isu politik dan agama kemarin. membuat saya penasaran, mengapa agama di sangkut pautkan dalam isu politik. Saya tidak akan menyalahkan muslim yang membela kubu A dan B. saya sengaja menulis artikel setelah hari pemilihan. karena saya tidak ingin terjadi kesalahfahaman maksud. disini saya hanya ingin berbagi renungan dan pengertian. mengapa hal ini dapat terjadi saat ini.

mengapa ahli agama ini ngotot dengan pendirianya, mengapa ahli agama yang lain diam, mengapa ahli agama yang satu ini terkesan membela, mengapa yang ahli agama satu ini terkesan stabil. Tapi tahukan anda? mengapa hanya satu agama yang bertengkar? Mengapa agama lain tidak ?  karena memang agama itu adalah agama mayoritas. Apakah di negara lain ada muslim bertengakar ? ada, tapi hanya di negara mayoritas muslim. Lantas di india? Mana mungkin ! tentu orang beragama hindulah yang saling bertengkar. Kemudian di Amerika ? ya mustahil sekali, islam hanya minoritas ada disana. Jadi kebanyakan orang kristenlah yang saling bertengkar, saling mengadu domba, dll di amerika. Bahkan di Amerika muslim tidak bisa tenang lagi. Sekarang ini seandainya di amerika, ada seorang muslim yang menjadi pemimpin, bagaimana menurut anda?

Nah, itu adalah logika saja. Disini saya tidak ingin membahas politik, ataupun lain-lainya. Disini saya ingin memberikan pemahaman bahwa. Agama tidak bisa disangkut pautkan dengan politik, apapun itu bentuknya. Agama adalah sesuatu hal yang lebih mulia dari pada politik.

Hanya dengan 1 Ayat

Kali ini saya tidak mauGambar-Al-Quran-8 membahas isu-isu tidak penting itu, toh saya juga tidak tinggal
disana. Saya hanya ingin berbagi informasi dengan kaum muslim. Saudara-saudara saya.

Tahukah anda ? betapa Allah dengan indahnya membuat kita membuka mata lebar-lebar ? betapa hebatnya Al-Quran ? hanya dengan 1 ayat. Semua mejadi luar biasa.

Hanya dengan 1 ayat, semua sibuk mencari tafsir al-qur’an tesebut. Sungguh cara Allah memanggil kalian untuk membaca Al Qur’an dengan hal yang tak terduga. Banyak artikel-artikel islam diterbitkan. Yang membuat banyak orang pensaran, apakah betul artikel ini? Apakah betul tulisan ini? Hingga akhirnya kita mulai belajar tentang agama.

Sayangnya semangat beragama tidak di imbangi dengan pemahaman agama yang baik

politik-mimpi-hidup-berdampingan-scr-damai-57c514ccbd22bd524019c5e9

Saudaraku, belajar agama bukan semudah 1+1=2, Tidak semudah itu. Ibarat kamu mau mengetahui isi novel itu, kamu harus baca sampai tuntas. Harus tuntas ! kalau hanya sepenggal-sepenggal maka kamu tidak akan tahu bagaimana isi keseluruhan ceritanya. Begitupun belajar agama, kamu harus belajar setuntas-tuntasnya agar kamu dapat memahami apa isinya. Tidak boleh jika hanya 1-2 ayat saja.

Bukan bermaksud menghakimi, saya sungguh prihatin, kadang yang sholatnya jarang-jarang, ngajinya asal-asalan tiba-tiba menjadi pandai sekali berbiacara tentang islam. Seperti yang dikatakan gus mus “ sayangnya semangat beragama tidak di imbangi dengan pemahaman agama yang baik”.

Ingatlah, jika memang tidak tahu, maka boleh diam saja. Karena jika informasi tersebut salah, bukan hanya kamu yang berdosa, kamu juga dapat mencelakakan orang lain.

Bagimu agamamu, dan bagiku agamaku

Media massa menjaCahaya-Memiliki-Kasyf-Mata-Hati-Memiliki-Hikmah-Dan-Hati-Dapat-Menerima-Dan-Menolak-Hikmah-Ke-Limapuluh-Tujuhdi media utama dalam membuat mindset manusia. semua kegiatan bisa tampil dan dilihat oleh indra penglihatan kita, seolah-olah itu memang terjadi. padahal kita tidak tahu apakah benar seperti itu?.

Ketika kubu ini membuat prengumuman A dan kubu B membuat pengumuman B dalam media massa. kemudian setelah mereka merasa cocok dengan pemikiran A/B mereka akan bergabung dengan kubu yang memiliki kesamaan maksud yang disampaikan pertama kali. tanpa mereka tahu, apakah maksud itu akan terus lurus atau berbelok nantinya. Mereka hanya akan terus menerus mengikuti jalan mereka seperti air. hingga sampai mereka tidak menyadari  bahwa jalan tersebut telah berbelok, jauh beratus ratus kilometer jauhnya. dan ketika itu kita menyesal terlalu terpaku dengan satu hal. harusnya selama perjalanan kita harus tetap mengawasi, apakah jalan ini tetap lurus atau sudah berbelok.

Dalam dunia politik ? orang terkuat adalah orang yang menjadi pemenang. Banyak strategi yang digunakan. Apakah stategi itu akan sesuai dengan norma Agama yang sesungguhnya? Belum tentu ! silahkan anda belajar komunikasi politik.

Jadi dalam politik, agama tidak bisa disangkut pautkan sama sekali. Ini terlalu besar, bahkan lebih besar daripada alam semesta ini. Tolong bagi siapapun yang memiliki keyakinan sebagai seorang muslim, hentikan isu-isu tentang agama dan politik. Hentikan menyangkut pautkan ahli agama A dan B dan C. bukankah kita sendiri tidak tau apakah yang kita lakukan benar? bahkan saat kita memilih sesuatupun kita tidak akan pernah tau, apakah itu memang terbaik? bisa jadi esok kita akan menyesalinya.
surah-al-kafirun

Untuk memilih pemimpin yang seiman memang hukumnya wajib. Tapi bukan berarti wajib untuk seluruh masyarakat indonesia. hanya umat islam saja. Apakah yang tidak memilih pemimpin islam kafir? tidak belum tentu. saya akan posting ayat-ayat Al Qur’an tentang kafir di postingan selanjutnya. dalam hal ini bukan berarti kita harus saling berkata kasar untuk mengatakan bahwa itu hukumnya wajib, harusnya nasehat itu harus dengan penyampaian yang lebih sopan. dan tentu seorang muslim yang baik akan sadar dengan sendirinya. pempimpin kafir yang di maksud adalah dalam hal ini adalah berkeluarga. jelas itu tidak boleh dan haram hukumnya. orang islam tidak boleh menikah dengan orang selain islam. dan untuk memilih pemimpin? yah anda simpulkan sendiri, belum tentu kita sepemikiran. mungkin ilmu anda lebih tinggi dari saya. hehe  ( Ayat tentang Kafir )

Dalam surat Al Kafirun sendiri sudah dinyatakan, bahwa bagimu agamamu, dan bagiku agamaku. jadi uruslah agamamu sendiri, begitupun kami, kami akan mengurus agama kami sendiri. apakah dalam hal memilih, ataupun dalam hal melaksanakan perintah dan peraturan beragama.

memang negara ini adalah negara demokrasi, tapi kami memiliki keyakinan tersendiri, begitupun kalian. kalian memiliki keyakinan dan aturan yang belaku untuk kelompok kalian sendiri.

jika aturan kita berbenturan, apakah dengan seperti itu kita harus saling membenci, menyerang satu sama lain. beradu argumen, memakai definisi ini dan itu. tidak ! kita masih dalam satu negara satu ideologi. semangat bernegara harus menjunjung tinggi persatuan. tidak kah kalian malu dengan para pejuang yang mati dimedan perang ?. begitupun semangat beragama, harus di iringi pemahaman agama yang baik. tidak kah kalian malu dengan ahli agama yang belajar mati-matian memahami islam? tidak tidur karena menghafal Al-Qur’an, tidak makan karena puasa, tidak banyak bicara karena menjadi panutan. bukankah hidup mereka lebih sulit ? bukankah seharusnya mereka yang mati-matian marah. Tapi mereka tetap bijak dalam menanggapi masalah.

Tak bisakah kita hanya mencari-cari hikmah apa yang sebenarnya Allah ingin sampaikan pada kita?

tumblr_m94w3tehxj1rd8skao1_500

mengapa kita tidak hanya bisa diam mencari hikmah yang Allah ingin sampaikan pada kita? hikmah yang baik untuk kehidupan kita? hanya berfikir bahwa hikmah itu untuk perbaikan iman kita? tidak bisakah hanya seperti itu saja ?

karena Allah maha besar, Allah tau segalanya, Allah tidak pernah salah dalam menentukan takdirnya. Pasti, pasti ada hikmah dibalik semua peristiwa. Dari pada kita berdebat masalah politik dan agama? Tak bisakah kita mencari-cari hikmah apa yang sebenarnya Allah ingin sampaikan pada kita?

Al-Quran adalah istimewa, VVIP, harus dan harus dihormati, dan hukumnya wajib.

Gambar-Al-Quran-8

Dulu ketika masih belajar di TPQ, guru-guru selalu memarahi saya ketika Al-Qur’an saya taruh di dalam tas, atau saya taruh dibawah suatu benda. Selalu mereka mengingatkan Al-Qur’an tempatnya paling atas dari barang-barang lain. Lalu mereka juga berkata, pegang Al-Quran di tanganmu, tempatkan didekat hatimu. Semoga ilmu itu tetap ada disana selama-lamanya. Bahkan guru-guruku marah sekali kalau melihat satu helai rambut yang kelihatan ketika kita membaca Al-Qur’an. Sejak hari itu aku menyadari bahwa Al-Quran adalah istimewa, VVIP, harus dan harus dihormati, dan hukumnya wajib.

Sebagai umat muslim, kalian harus percaya bahwa Al-Quran adalah mukjizat terbesar, hanya orang-orang yang beriman dan beramal sholeh yang melihat betapa besarnya kuasa Allah dengan Al-Quran.

Kalian pernah diremehkan? Pasti sakit kan ? begitu pula Al-Qur’an

Kalian pernah diremehkan? Pasti sakit kan ? begitu pula Al-Qur’an jika diremehkan siapapun yang merasa memilikinya dihati pasti merasa sakit. Untuk isu politik yang itu, saya bukan ahli agama, jadi saya tidak bisa menyimpulkan apa beliau salah atau tidak. Saya juga tidak mau ikut campur memilih kubu A dan B. hanya saja yang hati saya merasa sakit kala salah satu ayat Al-Quran menjadikan perbedaan pendapat dikalangan muslim. Saya salut dengan mereka-mereka yang merasa tersakiti kala ayat Al-Quran sedang di jadikan perdenbatan isu politik, walaupun mereka hanya sekedar merasa tersaikiti saja tanpa arus menjelek-jelekan yang lain. saya tidak akan marah hanya dengan beliau, tapi saya marah dengan mereka-mereka yang menjadikanya besar.  Dalam konflik ini bukan berarti beliau tidak pantas sama sekali, semua berhak dan pantas-pantas saja menjadi seorang pemimpin. Tidak ada yang tidak pantas. Hindu, islam, katolik, protestan, budha, selama warga Indonesia insyaallah mereka pantas. Tapi untuk memilih, biarkan hati nurani kita yang menentukan.

Inilah akibat dari segelintir orang yang tidak memperdalam ilmu pengetahuan agama dan politik dengan baik, mereka menjadi mudah tersulut amarah, mudah dikuasai nafsu, mudah dikuasai setan. Hingga akhirnya bukan pemahaman yang baik tersampaikan, tapi malah menimbulkan pertikaian.

Islam adalah agama yang damai, tapi tidak semua umat manusia memiliki hati yang damai, sebagian ada yang menggebu-gebu, Sebagian ada yang menerima dengan ikhlas. Sebagian lagi tidak sabaran. Bukankah dalam Al – Qur’an sudah dijelaskan suatu saat nanti, agama islam akan terpecah belah menjadi 72 bagian.

Saya berharap, kalian yang mengebu-gebu, malu dengan mereka yang ahli agama tapi tetap diam, tetap tenang, tetap berhati-hati dalam berkata. jika tidak, maka kalian akan terlihat bodoh dihadapan mereka yang sudah ahli agama.

Artikel ini dibuat untuk renungan saja. renungan bagi umat islam. agar tetap menjaga lisan yang baik. agar tidak menimbulkan pertikaian.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s